Sabtu, 17 April 2010

Perilaku Konsumen Dan Produsen

A.Perilaku Konsumen
Untuk mengkaji dan memahami dari perilaku konsumen ada 2 pendekatan,yakni :
1. Pendekatan marginal utility (cardinal),beranggapan bahwa kepuasan konsumen dapat diukur dengan satu-satuan,misalnya uang.
2. Pendekatan indifference curve(ordinal) yang beranggapan bahwa kepuasan konsumen tidak dapat diukur dengan satu-satuan.Tingkat kepuasan konsumen hanya dapat dinyatakan lebih tinggi atau lebih rendah.

Dalam pendekatan marginal utility digunakan anggapan sebagai berikut:
1. Utility bias diukur dengan uang
2. Hukum Gossen (the law of diminishing returns) berlaku yang menyatakan bahwa “semakin banyak sesuatu barang dikonsumsi,maka tambahan kepuasan yang diperoleh dari setiap satuan tambahan yang dikonsumsikan akan menurun”.
3. Konsumen berusaha memaksimumkan kepuasan.

Elastisitas adalah ukuran derajat kepekatan jumlah permintaan terhadap perubahan salah satu factor yang mempengaruhi.

Elastisitas dibagi menjadi :
1. Price elasticity(Elastisitas Harga) adalah % perubahan kwantitas barang yang diminta sebagai akibat dari perubahan harga barang tersebut.
Ep=%perubahan kwantitas yang diminta /%perubahan harga barang tersebut
E>I (elastic)
E=I(elastisitas tunggal)

2. Cross elasticity(elastisitas silang) adalah % perubahan jumlah yang diminta terhadap sesuatu barang sebagai akibat dari perubahan harga barang lain.
Ec=% perubahan jumlah yang diminta/%perubahan harga
Ec positif untuk barang substitusi dan negative untuk barang komplementer

3. Income Elasticity(elastisitas pendapatan) adalah %perubahan kwantitas barang yang diminta sebagai akibat dari perubahan pendapatan riil.
Ei=%perubahan jumlah barang yang diminta/%perubahan pendapatan riil

B.Perilaku Produsen

- Produksi adalah menambah kegunaan suatu barang

- Fungsi produksi, hubungan teknis antara factor produksi(C,R,T,L) dgn hasil produksi
- Produksi dg menggunakan:
1 variabel & yg lain tetap
2 variabel, kombinasi 2 faktor produksi ditunjukkan dg kurva isocost dan isoquant

Keseimbangan Produsen

•Terjadi pada saat produsen mengkombinasikan dua factor produksi dengan memberikan output yg max.
•Keseimbangan dicapai dengan prinsip output max. atau minimalisasi biaya


Least Cost Combination (LCC)

•Penggunaan kombinasi factor produksi dengan menggunakan biaya yg paling murah
•Syarat LCC: MRTS (marginal rate of technical substitution), bila menambah salah satu input maka mengurangi penggunaan input


dikutip oleh : wsmulyana.wordpress.com/2009/01/.../perilaku-konsumen/



Tidak ada komentar:

Posting Komentar